Belajar Ubuntu


Belajar Ubuntu - Memang semua orang sekarang tertuju pada salah satu produk prudusen elektronik Inggris terkenal yakni
 Canonical karena mereka telah merilis suatu teknologi tercanggih yang belum pernah ada di dunia teknologi yang
 terkenal dengan Ubuntu. Lansung saja kita kenali lebih dekat tentang Ubuntu agar kita dapat informasi tentang Ubuntu.

Apakah itu yang dimaksud Ubuntu Tablet?


Ubuntu Touch  atau juga dikenal sebagai Phone Ubuntu adalah versi mobile dari sistem operasi Ubuntu yang dikembangkan oleh Canonical UK Ltd. dan Komunitas Ubuntu. Hal ini dirancang terutama untuk perangkat mobile touchscreen seperti smartphone dan komputer tablet.

Canonical  UK Ltd. merilis Ubuntu Touch 1.0, pengembang pertama  atau  poses  pengenalan  pada 17 Oktober 2013, bersama dengan Ubuntu 13.10 yang  merupakan utama pendukung  utama  Galaxy Nexus dan Nexus 4 ponsel, meskipun ada gambar yang tersedia untuk ponsel lain dan tablet, dan dalam perilisannya relatif "stabil" dalam membangun untuk pengujian yang lebih luas dan mendapatkan  umpan balik pada tanggal 17 April 2014. Sama halnya dengan Ubuntu 14.04 sebuah versi preview dari software ini tersedia untuk instalasi pada handset Android tambahan tertentu termasuk Google Edition Samsung Galaxy S4 sebagai Developer Preview pada 21 Februari 2013. Yang memungkikan Pengguna dapat  memiliki akses ke semua kode sumber di bawah lisensi yang memungkinkan modifikasi dan redistribusi dari  software.

Fitur  Ubuntu

Ubuntu Sentuh menggunakan user interface Qt 5 berbasis sentuh] dan berbagai kerangka kerja perangkat lunak yang  awalnya dikembangkan untuk Maemo dan MeeGo seperti oFono sebagai telepon stack,  account-sso untuk single sign-on, dan Maliit untuk masukan. Memanfaatkan Libhybris  sistem yang sering  digunakan oleh  kernel Linux yang digunakan di Android, yang membuatnya mudah porting ke sebagian besar smartphone Android baru-baru ini.

Ubuntu Touch  memanfaatkan teknologi inti sama dengan Ubuntu Desktop, sehingga aplikasi yang dirancang untuk platform terakhir berjalan ada bekas jejak rekamnya. Selain itu, komponen Ubuntu Desktop datang dengan sistem Ubuntu Touch memungkinkan perangkat Sentuh Ubuntu untuk memberikan pengalaman desktop penuh ketika terhubung ke monitor eksternal. Ubuntu perangkat sentuh dapat dilengkapi dengan sesi Ubuntu penuh dan dapat berubah menjadi sistem operasi desktop penuh jika dihubungkan ke sebuah docking station.  Jika terpasang perangkat dapat menggunakan semua fitur Ubuntu dan pengguna dapat melakukan pekerjaan kantor atau bahkan bermain game ARM-siap pada perangkat tersebut.

Lock Screen  pada Ubuntu

Ketika Ubuntu Sentuh dihidupkan ada layar kunci diperlukan aplikasi akan membuka jika diperlukan. Pusat "Welcome Screen" adalah visualisasi aktivitas di perangkat. Ini menunjukkan status Anda dan acara baru pada layar selamat datang, dilengkapi dengan desain animasi di sekitar lingkaran.

Aplikasi yang disertakan  pada Ubuntu

Sebuah Nexus 5 smartphone yang menjalankan Ubuntu Sentuh menampilkan lingkup Apps.
Dan aplikasi tersebut termasuk aplikasi inti media sosial dan aplikasi media (misalnya Facebook, YouTube, dan RSS reader). Aplikasi standar seperti kalkulator, klien e-mail, jam alarm, file manager, dan bahkan terminal harus dimasukkan juga. Dua belas atau lebih aplikasi inti saat ini sedang dikembangkan. [20] Beberapa aplikasi Sentuh Ubuntu bekerja pada desktop, termasuk Browser, Kalender, Jam, Galeri, Notes, Pengingat, Terminal, dan Cuaca .

Proses kerja Ubuntu

Dalam proses kerjanya Ubuntu sangat canggih karena dapat memungkinkan kita untuk menjalankan kedua program secara bersamaan yakni "aplikasi tablet" dan "aplikasi telepon" . Hal ini bertujuan untuk "melangkah lebih jauh" dengan ide multitasking, yang memungkinkan ruang layar yang akan dibagi dengan cara ini. Contoh yang ditunjukkan adalah  aplikasi catatan yang digunakan bersama browser web, dan pengguna menggesekkan dari tepi kanan untuk membawa versi mobile dari aplikasi Facebook ke dalam pandangan atas video bermain.

Desain  Ubuntu

Pengguna dapat mengakses seluruh sistem dengan menggesekkan dari tepi layar. Tepi kiri memungkinkan untuk akses cepat ke aplikasi disematkan ke peluncur, dan  menampilkan aplikasi, file dan kontak. Menu ini tersedia dari layar awal dan setiap aplikasi yang berjalan. Multitasking Ubuntu Touch diakses dengan menggesekkan jari dari tepi kanan layar ke kiri, yang beralih ke aplikasi sebelumnya. Menggunakan peluncur di sisi kiri beralih kembali. Menggesekkan naik dari sisi bawah digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan toolbar, yang memberikan Ubuntu Phone kemampuan untuk menjalankan aplikasi dengan efisien, efektiv, dan rapi  secara default.


Target  Penjualan Ubuntu

Mark Shuttleworth, yang merupakan  pendiri perusahaan di balik distribusi Linux percaya bahwa Ubuntu untuk ponsel pertama akan menemukan ceruk di negara-negara di mana Ubuntu baik dikenal; lebih khusus, pasar berkembang seperti India dan Cina di mana komputer memiliki Ubuntu pra-instal. Namun, keberhasilan Phone Ubuntu di pasar-pasar sulit untuk memprediksi.

Ubuntu berusaha untuk menjadi "smartphone sekaligus  PC penuh". Canonical melaporkan bahwa perangkat lunak untuk versi mobile Ubuntu juga kompatibel dengan versi untuk PC dan televisi. Ini adalah fitur yang saat ini tidak ditawarkan oleh perusahaan sistem operasi lainnya, dan bertujuan untuk menyederhanakan baik penggunaan dan pengembangan produk.

Tersebut di atas PC dan mobile sinergi mungkin juga menarik bagi departemen IT perusahaan saat ini menggunakan Ubuntu untuk menjalankan server mereka, karena akan memperluas akses ke beberapa jenis perangkat. Hal ini akan meningkatkan aksesibilitas dan manajemen perangkat dalam perusahaan. Perangkat mobile dapat dihubungkan ke layar yang lebih besar dan peripheral lain seperti keyboard nirkabel. Aplikasi Windows juga dapat diakses dari server perusahaan ke perangkat mobile, yang membuat mentransfer data lebih efisien.

Meskipun popularitas Ubuntu di antara para pengembang open source, menembus pasar bisnis legacy-terikat akan terus menjadi agak menantang untuk Ubuntu. Perusahaan menggunakan metode " Bring your own device "  yang telah disesuaikan dengan menggunakan perangkat Android dan iOS dan manfaat yang ditimbulkan oleh Ubuntu mungkin tidak dipertimbangkan secara memadai. 

Spesifikasi Ubuntu

Dalam menentukan spesifikasinya Ubuntu dibedakan menjadi dua macam, yaitu Ubuntu Tablet dan Ubuntu Smartphone. Berikut penjelasannya:
ubuntu Smartphone




Spesifikasi Ubuntu untuk smartphone

Criteria
Entry level Consumer Ubuntu smartphone
High-end Ubuntu "superphone"
Processor architecture
Quad-core ARM Cortex-A9 or

512 MB – 1 GB
Min 1 GB
Flash storage
4–8 GB eMMC + SD
Min 32 GB eMMC + SD
Yes
Yes
Full desktop convergence
No
Yes




ubuntu tablet

Spesifikasi Ubuntu untuk Tablet

Criteria
Entry level Ubuntu Tablet
High-end Ubuntu enterprise Tablet
Processor architecture
Dual-core ARM Cortex-A15 or Intel x86
2 GB preferred
2 GB preferred
Flash storage
8 GB minimum
8 GB minimum
Screen Size
7–10 inch
10-12  inch
4 fingers
4 fingers
Full desktop convergence
No
Yes

0 Response to "Belajar Ubuntu"

Post a Comment

wdcfawqafwef