Robot Pemeriksa Saluran Pipa

Robot Pemeriksa Saluran Pipa - Jika kita berbicara teknologi pada zaman sekarang ini maka fokus kita akan terpusat kepada dunia barat seperti Benua Eropa karena disana banyak para ilmuan yang berusaha untuk menciptakan inovasi terbaru terutama dibidang teknologi robot. Dan kita semua sudah pasti sangat penasaran teknologi tercanggih terbaru apa yang yang ditemukan pada awal tahun 2015. Dan berikut adalah ulasannya:


Robot

Latar Belakang diciptakannya Robot Pemeriksa Saluran Pipa 


Pada awal tahun 2015 dunia bidang teknologi dikejutkan dengan penemuan robot  pemeriksa saluran pipa. Yang membuat ide untuk membuat robot tersebut adalah Perusahaan Breivoll Inspeksi Technology, Norwegia. Dan faktor penyabab diciptakannya robot pemeriksa saluran pipa ini adalah untuk mencegah kebocoran saluran pipa di negara-negara Eropa yang menyebabkan hilangya 30% sampai 50% pertahunnya.

Oleh karena itu, dengan diciptakannya robot ini diharapkan agar menanggulangi masalah kebocoran pipa-pipa di negara-negara Eropa. Dan dalam proses pembuatan robot ini terbilang menggunakan metode terbaru. Karena Perusahaan Breivoll Inspeksi Technologi telah mengembangkan cara maju menerapkan tugas deteksi ultrasonik. Sebagai bagian dari kerjasama dengan SINTEF (Yayasan Penelitian Ilmiah dan Industri, sebuah organisasi Norwegia yang merupakan organisasi riset independen terbesar di Skandinavia), dan entitas lain di dalam dan di luar Norwegia, termasuk Inventas perusahaan telah mengembangkan metodologi pemeriksaan untuk jaringan distribusi air.

Sitem Kerja Robot Pemeriksa Saluran Pipa


Dan mengenai cara kerjanya robot ini cukup sederhana yakni robot ini yang panjang dan bentuknya yang menyerupai torpedo, didorong oleh baling-baling yang dipandu melalui pipa-pipa distribusi air. Kemudian di baling-balingnya itu dilengkapi dengan tranduser 64 USG yang berfungsi memancarkan sinar ultasonik sebagai pemeriksa seluruh saluran pipa. Dan kemudian, hasil dari pemeriksaan ultrasonik itu dikirim dalam berupa data grafik. Dan dari data inilah yang membantu para teknisi pipa untukmenghitung ketebalan dan tingkat korosi pada pipa.

Pada 2013, perusahaan bergabung dengan proyek Uni Eropa yang disebut TRACT. Dan tujuan proyek ini adalah untuk mengembangkan pemeriksaan robot untuk berbagai jenis pipa, untuk melakukan pengukuran tanpa harus memotong pasokan air. Robot Pemeriksa Saluran Pipa

Reference:

0 Response to "Robot Pemeriksa Saluran Pipa"

Post a Comment